Sunday, October 27, 2013

Memahami Resolusi Sensor Kamera

FUNGSI SENSOR KAMERA

Sensor kamera berfungsi untuk menangkap cahaya dari obyek, sehingga semakin besar ukuran sensor kamera maka akan semakin banyak cahaya yang dapat ditangkap oleh sensor tersebut  dengan bidang yang lebih luas. Jika semakin banyak cahaya yang dapat ditangkap  dengan bidang yang lebih luas maka obyek akan dapat terekam dengan lebih detail. Sebagai persamaan, misalnya manusia dengan mata normal tetap tidak akan dapat melihat apabila berada dilingkungan yang gelap (tidak ada cahaya) dan tidak akan dapat melihat benda (obyek) disekitarnya dengan jelas apabila cahaya disekitarnya remang-remang. Maka fungsi sensor kamera ibaratnya mata pada manusia, dan prosesor kamera adalah otak pada manusia.
Cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera akan diteruskan ke prosesor kamera yang kemudian akan mengolahnya menjadi sebuah gambar duplikat dari obyek yang disimpan dalam format digital.
proses kerja sensor kamera
 RESOLUSI SENSOR KAMERA
Sensor kamera tersusun dari jutaan dioda peka cahaya yang dirangkai menjadi satu keping sensor. Rangkaian dioda tersebut dinamakan piksel dan banyaknya jumlah piksel dalam sekeping sensor kamera disebut resolusi sensor kamera. Apabila sebuah kamera memiliki resolusi 10 Megapiksel itu berarti sensor kamera tersebut memiliki kurang lebih 12 juta piksel yang tersusun dari 4000 piksel horizontal dan 3000 piksel vertical.
Sensor kamera
Mekanisme kerja dari dioda peka cahaya yang membentuk piksel tersebut adalah ketika terkena cahaya akan merubah intensitas cahaya yang mengenainya menjadi sinyal listrik tinggi sedangkan piksel yang kurang mendapat cahaya akan mengeluarkan sinyal listrik rendah. Perbedaan dari tegangan piksel inilah yang kemudian oleh sensor kamera dirubah menjadi sinyal digital yang selanjutnya diproses dalam prosesor kamera yang kemudian menghasilkan sebuah gambar.
sensor digital kamera
Jumlah piksel dalam sekeping sensor tidak mempengaruhi ukuran fisik dari sensor  tersebut. Produsen dapat meningkatkan jumlah piksel dalam sekeping sensor dengan ukuran fisik sama, caranya dengan membuat miniatur piksel yang lebih kecil. Sehingga dapat dijumpai sebuah kamera dengan ukuran sensor yang besar, misalnya pada kamera DSLR  mempunyai jumlah resolusi yang sedikit, hal ini karena piksel dalam sensor kamera tersebut juga besar. Begitu pula sebaliknya sensor dengan ukuran fisik kecil seperti pada kamera pocket atau smartphone dapat mempunyai piksel yang jumlahnya banyak, hal ini karena piksel disensor tersebut dibuat kecil-kecil. Masalahnya adalah ukuran piksel yang kecil akan mengurangi sensitifitas piksel terhadap cahaya, karena itulah gambar yang dihasilkan pada sensor kecil seperti pada kamera pocket atau smartphone mudah menimbulkan noise atau bintik-bintik terutama pada ISO tinggi, walaupun mempunyai resolusi tinggi. Sebaliknya gambar yang dihasilkan kamera DSLR lebih bagus karena memiliki ukuran fisik sensor yang lebih besar dan tersusun dari piksel yang besar pula, sehingga setiap piksel di sensor kamera DSLR tersebut mempunyai sensitifitas yang lebih baik terhadap cahaya dibanding piksel pada sensor kamera pocket atau smartphone yang berarti mampu menghasilkan gambar yang lebih baik pula.
ukuran sensor kamera
Manfaat yang diperoleh dari meningkatkan jumlah piksel atau resolusi sensor kamera adalah gambar yang dihasilkan akan mempunyai kerapatan titik-titik piksel yang lebih rapat sehingga ketika hasil gambar tersebut di zoom atau dicetak besar gambar tersebut tidak akan pecah.

0 comments:

Post a Comment