Kemajuan teknologi kamera digital belakangan begitu pesat dan memunculkan istilah-istilah baru yang terkadang membuat rancu dan bingung. Perkembangan yang paling menonjol pada kamera digital akhir-akhir ini adalah fitur resolusi atau megakpiksel yang besar, hal ini memunculkan pertanyaan pentingkah mempertimbangkan megapiksel dalam membeli kamera.

Tentang Piksel

Piksel adalah ukuran kerapatan titik-titik warna yang membentuk sebuah gambar. Piksel sendiri singkatan dari Picture Elements, dimana dalam sebuah titik piksel terdapat informasi tentang warna, saturasi, dan gelap terang (brightness) dari obyek yang direkam kemudian titik-titik piksel tersebut tergabung yang di tampilkan menjadi sebuah gambar.
Contoh foto berikut yang mempunyai resolusi 250 x 378 piksel dimana masih terlihat mulus dan bagus.
 contoh_fotografipemula
Apabila kita perbesar/crop pada sebuah bidang dari foto tersebut seperti tampak pada gambar berikut, maka akan terlihat jelas bahwa sebuah foto tersusun dari rangkaian titik-titik warna yang disebut piksel.
contoh_fotografipemula_crop

Tentang Megapiksel Kamera

Sebuah kamera yang mempunyai resolusi atau megapiksel tinggi maka foto yang dihasilkan akan mempunyai kerapatan titik-titik warna atau piksel yang sangat rapat, sehingga apabila foto tersebut diperbesar tetap akan terlihat halus dan mulus.
Maka pengaruh dari resolusi atau megapiksel pada sebuah kamera adalah pada kemampuan seberapa besar ukuran foto tersebut dapat dicetak, namun tidak akan berpengaruh pada kualitas foto karena kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera digital di tentukan oleh ukuran dari sensor kamera tersebut (baca: Memahami Resolusi Sensor Kamera ). Dengan mengetahui berapa megapiksel yang dimiliki sebuah kamera digital, maka kita bisa mengetahui ukuran print maksimal untuk foto yang dihasilkan kamera tersebut.
Resolusi gambar atau foto digital diukur dalam satuan PPI (piksel per inchi), untuk cetak foto digital biasanya ukuran resolusi standartnya adalah 300ppi. Maka untuk mengetahui berapa ukuran cetak maksimal sebuah foto dari suatu kamera digital bisa kita peroleh dengan membagi ukuran piksel dari foto yang dihasilkan dengan 300ppi.
Suatu misal kita mempunyai kamera digital dengan resolusi 6 megapiksel, maka foto yang dihasilkan kira-kira memiliki 6 juta piksel yang tersusun dari 2816 piksel horizontal dan 2112 piksel vertikal. Apabila nilai piksel tersebut ( 2816 x 2112 ) dibagi dengan 300ppi maka akan diperoleh ukuran cetak maksimal yaitu kira-kira 9,5 x 7 inchi atau 24 x 18 cm.
Berikut pedoman umum ukuran cetak maksimal foto dari kamera digital kurang-lebihnya adalah :
  • 6 Megapiksel : 9,5 x 7 inchi        ( 24 x 18 cm )
  • 7 Megapiksel : 10 x 7,5 inchi      ( 25 x 19 cm )
  • 8 Megapiksel : 28 x 20 inchi       ( 28 x 20 cm )
  • 10 Megapiksel : 13 x 8,5 inchi     ( 33 x 20 cm )
  • 12 Megapiksel : 14,5 x 9,5 inchi  ( 37 x 24 cm )