Saat membeli kamera mungkin anda di tawari berbagai macam perlengkapan fotografi oleh pramuniaga toko tempat anda membeli kamera, seperti kita ketahui perlengkapan/aksesoris kamera banyak sekali macamnya dan tiap jenis mempunyai fungsi  yang berbeda. Nah, karena fungsinya yang berbeda itulah tidak semua aksesoris harus anda miliki, namun disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Berikut daftar aksesoris kamera yang harus anda miliki terlebih dahulu saat anda pertama kali membeli kamera dslr
1. tas kamera
tas khusus kamera dirancang khusus untuk membawa kamera dslr anda dengan aman dari berbagai benturan yang dapat mengangu fungsi mekanis kamera. Di pasaran ada banyak merk tas kamera, mulai dari yang buatan lokal sampai impor, namun dalam memilih tas kamera yang perlu diperhatiakan adalah:
  1. waterproff. Pilihlah tas dengan bahan waterproff, hal ini sangat berguna untuk melindungi kamera anda dari air, misalnya air hujan saat anda memotret outdoor. Tas dengan bahan ini biasanya harganya lebih mahal, jika budget tidak memungkinkan maka pilihlah tas yang ada raincoatnya.
  2. Periksa jahitan tas. Tas yang baik jahitannya rapi dan kuat serta tidak ada celah terutama di bagian sudut-sudutnya.
  3. Periksa resleting tas.
  4. Periksa tali-tali tas kamera.
  5. Periksa bahan bagian dalam kamera. Pada tas kamera bagian dalamya dibuat sekat-sekat untuk melindungi body kamera dengan assesoris lainya agar tidak berbenturan. Nah,  periksalah apakah kainnya cukup lembut, tidak ada yang sobek dan mudah dibersihkan serta busanya cukup empuk untuk menahan getaran.
2. filter kamera
Ada banyak jenis filter kamera, namun untuk awal anda cukup membeli filter biasa atau filter UV. Filter kamera berfungsi untuk melindungi lensa dari debu
Aksesoris Kamera diantaranya filter
Filter Lensa Kamera DSLR
dan benturan, namun saat ini filter mempunyai fungsi tambahan yang beragam, misalnya filter UV, filter ini mempunyai
kemampuan menyaring sinar ultrafiolet agar tidak masuk ke sensor kamera yang dalam jangka panjang dapat merusak sensitifitas sensor tersebut.
3. Tripod kamera
Tripod ini sangat bermanfaat saat anda melakukan pemotretan dengan shutterspeed rendah, karena jeda waktu yang lama saat anda menekan shutter release dengan pengambilan gambar oleh kamera sehingga menghindari getaran atau goyangan oleh tangan kita yang tidak setabil yang dapat mengakibatkan hasil gambar menjadi kabur.
4. cleaning kit
Agar fungsi mekanis kamera tetap berjalan dengan baik, maka perlu perawatan yang baik. Salah satunya adalah membersihkan kamera dari debu, terutama bagi anda yang suka memotret outdoor. Jangan membersihkan kamera dengan sembarang chemical atau kain yang kasar karena justru hal ini dapat merusak bagian-bagian kamera anda, misalnya saat mengelap lensa dengan kain kasar justru dapat menimbulkan goresan pada lensa, gunakanlah chemical atau alat pembersih yang sudah dibuat khusus untuk kamera.
5. silica gel dan dry box
Lensa kamera sangat rentan pada jamur, karena itu jangan menyimpan kamera di tempat yang lembab. Nah, untuk menghindari jamur pada lensa anda dapat mengunakan silicagel dan menyimpannya pada dry box apabila anda belum mempunyai tempat penyimpanan kamera yang aman dari jamur.