Pada saat kita memotret dengan sumber cahaya yang kompleks, terkadang menu White Balance bawaan kamera kita rasa tidak ada yang pas. Nah, pada saat inilah kita bisa mengunakan menu Custom White Balance untuk menemukan setting yang pas.
Untuk mengunakan Custom White Balance siapkan dahulu kertas/kain atau benda lainnya seperti tembok dilokasi pemotretan atau bisa juga tas kamera yang kita bawa yang berwarna putih/abu-abu polos. Adapun cara setting Custom White Balance sebagai berikut:
cara-setting-custom-white-balance
Sumber foto: digitalcameraworld.com
Langkah 1:
Tempatkan kertas/kain atau benda yang sudah kita siapkan tadi dilokasi pemotretan dan pastikan kertas/benda tersebut tersinari oleh sumber cahaya seluruhnya, akan lebih bagus bila diposisikan persis dimana obyek akan kita potret dan dari arah mana kita akan memotret.
Langkah 2:
Bidik dan pastikan seluruh frame foto terisi oleh kertas atau benda tersebut yang akan kita jadikan acuan, usahakan exposure berimbang dan untuk memudahkan shoot set fokus kamera ke manual fokus.
Langkah 3:
Selanjutnya masuk ke menu pengaturan White Balance.
Untuk kamera Canon:
  1. Tekan tombol Menu
  2. Pilih Custom White Balance
  3. Pilih foto tadi, tekan tombol SET
  4. Selanjutnya dari Menu standby, tekan tombol Quick Control Dial [tombol dengan logo Q]
  5. Gulir ke pengaturan White Balance, pilih Custom White Balance
Untuk kamera Nikon:
  1. Dari menu Standby, pilih pengaturan White Balance
  2. Pilih Preset Manual
  3. Pilih foto tadi, tekan tombol OK dua kali untuk mengunakan foto tersebut sebagai acuan Custom White Balance.

Pengaturan ini bersifat konsisten, hanya berlaku untuk kondisi seperti saat kita mengambil foto acuan tersebut. Sehingga apabila ada perubahan sumber cahaya atau pada situasi lainnya maka kita harus melakukan setting ulang seperti langkah-langkah diatas.